Penyebab dan Solusi Penyakit Kutu Air

penyebab kutu air dan solusinyaSiapa diantara Anda yang pernah terkena kutu air? Ihh pasti menjengkelkan sekali kan? Rasanya pasti gatal dan perih gitu ya? Nah di postingan ini saya akan sharing mengenai penyebab terjadinya kutu air dan bagaimana solusinya jika kita sudah terkena penyakit ini. Okay brother and sister.. Kutu air adalah istilah yang biasa digunakan untuk keadaan gatal dan memerah pada sela jari kaki akibat sering berada dalam air. Nah kalau menurut pengalaman, orang-orang yang suka ke sawah atau bekerja dalam perairan dan juga para istri yang masih mencuci baju, piring secara manual dan belum memakai mesin cuci biasanya akan mudah terkena penyakit ini apalagi kalau kulit kakinya sensitif. Wah harus hati-hati tuh ^^

Nah tahu gak, sebenarnya penyakit kutu air disebabkan oleh jamur bukan binatang sejenis kutu? Hihi.. jadi ini cuma istilah di kita aja. Kalau menurut istilah kedokterannya disebut dengan tinea pedis. Tadinya saya juga menyangka bahwa ada binatang sejenis kutu yang hidup di air dan menggigit kaki kita sehingga kaki kita gagal gitu. Tapi ternyata prediksi saya salah :P Nah penyakit ini juga lebih sering mengenai sela jari kaki ketiga atau keempat, oleh karena sela-sela jari ini lebih rapat dari yang lainnya.

Dalam kondisi lembab baik akibat kena air atau karena pemakaian sepatu yang tertutup rapat, kulit ari mudah rusak dan bengkak sehingga mudah terinfeksi jamur atau bakteri. Jamur yang masuk ke dalam kulit ini menimbulkan gatal, meradang dan memerah bahkan bisa mengelupas. Bila hal ini berlanjut maka dapat terjadi infeksi sekunder oleh bakteri sehingga mengubah rasa sakit dan berbau. Maka untuk mengatasi hal ini, kita haru merawat sela jari kaki agar tetap bersih dan kering, bila perlu bagi orang yang bekerja di perairan hendaknya menggunakan alas kaki atau sepatu karet. Walaupun saat selesai kerja harus senantiasa dikeringkan.

Untuk obat yang bisa digunakan adalah obat anti jamur, baik yang diminum atau yang diberikan langsung ke kulitnya. Bila ada infeksi dapat ditambahkan antibiotik. Kutu air ini mudah disembuhkan akan tetapi terkadang tidak tuntas pengobatan sehingga mudah di saat kaki mulai lembab. Pemilihan kaos kaki berbahan katun juga sangat dianjurkan untuk mengurangi kelembaban.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai penyebab terjadinya kutu air dan cara penanganannya. Semoga bermanfaat :)

Sumber rubrik konsultasi kesehatan, Majalah Assunnah dengan tambahan dari papapz.com

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Comments
  1. asmie

    biasanya klo banjir, banyak yang kena kutu air, tapi alhamdullilah selama ini asmie tidak kena, klo pas musim banjir gitu sering-sering bersihkan diri pake air anget dan sabun anti bakteri yang manjur :D

    • papapz

      yups bener makasih tambahan tipsnya ya amie :)

  2. HafizAmri

    Harus di jaga kebersihan supaya bektiria tidak merabak

    • papapz

      yup bener apalagi kaki daerah yang sensitif :)

  3. Roy

    Saya pernah mengalaminya sewaktu sma, dan memang sangat tidak mengenakkan.

    • papapz

      xixi.. tapi sekarang udah engga kan :)

  4. duniaely

    belum pernah mengalami aku Kang, terbayang pasti nggak enak ya kl kena kutu air

    • papapz

      haha iya gatal perih gitu karena tempatnya di kaki sih kan dia suka banyak bergerak :)

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *