12

Mengetahui Pertumbuhan Gigi Bayi

perkembangan gigi bayiUsia Arfa sekarang sudah 14 bulan, dan jumlah giginya Arfa baru 4, yaitu 2 gigi seri atas dan 2 di bawah. Memang untuk fase tumbuhnya gigi dan belajar jalannya Arfa agak lambat dibandingkan teman-teman seusianya. Walaupun begitu, tumbuh kembang bagian tubuh lainnya cukup bagus dan berjalan sesuai dengan fasenya. Memang pada umumnya, erupsi atau keluarnya gigi susu pertama terjadi di usia 6-8 bulan, meskipun ada juga yang sudah muncul di usia sebelumnya. Kalau Arfa kemarin, mungkin pas usianya mau setahun kali yah baru numbuh giginya :)

Di postingan kali ini, saya akan sharing informasi mengenai pertumbuhan gigi bayi. Sebagai Ayah tentunya jangan ketinggalan informasi lho mengenai tumbuh kembang bayi anda sendiri. Jangan pengen bikinnya aja, tapi ngegedein dan ngerawatnya malah sepenuhnya dibebankan kepada sang ibu atau malah pengasuh hihi.

Gigi Susu

Baiklah para ayah, erupsi gigi memang tak terjadi sekaligus, melainkan satu per satu dan kadang sepasang-sepasang, biasanya diawali dengan gigi seri tengah bawah, lalu berurutan gigi seri tengah atas, gigi seri lateral atas dan bawah, geraham susu pertama, gigi taring dan gigi geraham susu kedua. Nah tentunya ngeri banget kan kalau gigi bayi langsung tumbuh semuanya sekaligus? Apalagi kalau gigi taringnya panjang-panjang. Eh emangnya anak drakula ya? hehe. Sehingga bila sudan tumbuh semua di usia sekitar 2 tahunan, gigi susu ini berjumlah 20 buah, terdiri dari: 4 gigi seri atas, 4 gigi seri bawah, 2 gigi taring atas, 2 gigi taring bawah, 4 gigi geraham atas, dan 4 gigi geraham bawah. Gigi susu merupakan gigi sementara yang nantinya akan tergantikan oleh gigi tetap.

Gigi Tetap
Umumnya, gigi tetap mulai muncul di usia 6 tahunan. Idealnya, gigi susu tanggal setelah gigi tetap mulai teraba atau terlihat. Bila gigi susu sudah goyang, jangan buru-buru dicabut. Biarkan ia tanggal secara alami, sebab gigi susu merupakan penuntun erupsi bagi gigi tetap. Bila gigi susu dipaksa tanggal sebelum waktunya, maka gigi geligi “tetangganya” akan bergeser mengisi sebagian kavling yang kosong. Akibatnya, gigi tetap tumbuh tidak pada tempatnya alias berantakan. Setelah lengkap, gigi tetap berjumlah 32 buah, terdiri dari: 4 gigi seri atas, 4 gigi seri bawah, 2 gigi taring atas, 2 gigi taring bawah, 4 gigi geraham depan atas, 4 gigi geraham depan bawah, 6 gigi geraham belakang atas, dan 6 gigi geraham belakang bawah.

Demikianlah beberapa tahapan mengenai pertumbuhan gigi bayi ini. Di postingan yang lalu saya telah sharing lho mengenai gejala erupsi atau tanda-tanda bayi mulai tumbuh gigi. Semoga bermanfaat :)

Disarikan dari Bonus Nakita tentang Merawat Gigi Anak dengan tambahan dari papapz.com

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

papapz

Kang Ian a.k.a Papap Arfa. Bekerja sebagai Manager Station Radio Kita FM Cirebon, merangkap sebagai penyiar juga. Bercita-cita ingin menjadi pelopor blogger yang mewakili kalangan suami dan ayah.

12 Comments

  1. klo ponakanku usia 2 tahun giginya gigis [terkikis] karena katanya minum susu botol sambil tidur, benar begitu papz?

    • iya mba kalau susu formula memang terkadang kadar gulanya lumayan dibandingkan ASI.. dan kurang bagus minum susu botol sambil tidur :)

  2. Hanan sudah berumur 7 bulan, namun belum ada tanda-tanda akan muncul giginya. Hemm jadi penasaran kapan yaa tumbuh giginya.

  3. mohon doanya aja semoga saya segera menikah, punya istri, punya anak, punya keluarga bahagia seperti akang :)

  4. menurut dokter gigi kenalan ku telat tumbuh gigi ada baiknya kok, jadi gigi tetap pun bertahan lama…
    Kecup buat Arfa ya, Mas…nggemesin..!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *