Cara Penanganan Keracunan Makanan

penanganan keracunan makananSering kita dengar berita, baik di televisi ataupun di surat kabar orang yang keracunan makanan baik itu di lingkungan sekolah ataupun di dalam lingkungan rumah. Keracunan makanan memang dapat menimpa semua orang. Penyebab timbulnya keracunan adalah karena terdapatnya kuman (bakteri atau virus), racun kimia dari makanan atau minuman baik akibat pencucian yang tidak baik maupun pengolahan yang tidak standar. Dapat pula akibat sudah basinya makanan yang dikonsumsi atau lewat dari tanggal kadaluwarsa.

Umumnya, gejala yang terjadi ketika seseorang keracunan makanan diantaranya adalah mual, muntah, sakit kepala dan diare. Bila gejala ini terjadi pada banyak orang dan terjadi secara bersamaan, maka kecurigaan terjadinya keracunan makanan menjadi kuat. Biasanya terjadi tidak berapa lama setelah mengkonsumsi makanan atau minuman, walau bisa pula setelah beberapa hari. Bila menjumpai keadaan demikian, maka upaya yang bisa dilakukan adalah:

  1. Istirahat untuk memulihkan kondisi organ tubuh.
  2. Memuntahkan makanan atau minuman yang masuk dengan cara memasukkan jari tangan di kerongkongan atau dengan memberikan susu kental manis yang banyak sehingga mual dan muntah. Tetapi upaya ini tidak boleh dilakukan pada anak-anak karena dapat menyebabkan tersedak dan bisa menimbulkan bahaya. Juga tidak boleh dilakukan pada penderita yang keracunan zat korosif seperti bensin atau minyak tanah.
  3. Mengembalikan cairan tubuh yang keluar melalui muntah dan diare dengan memberikan air putih sebanyak-banyaknya, atau pemberian larutan oralit untuk mengganti berbagai mineral dan elektrolit yang hilang.
  4. Memperhatikan makanan yakni saat masih mual agar menghindari makanan yang sulit dicerna, Makanan yang halus diberikan dalam porsi kecil tapi sering.
  5. Obat yang mungkin bisa diberikan adalah tablet karbon aktif yang dikenal dengan nama norit yang berguna untuk menyerap racun dalam usus.
  6. Bila upaya-upaya ini tidak berhasil sebaiknya dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Nah demikianlah penjelasan singkat mengenai gejala keracunan makanan dan bagaimana cara pertolongan pertama pada keracunan makanan. Diharapkan untuk selalu mengolah makanan dengan benar dan sering-sering melihat tanggal kadaluwarsa di bungkus makanan yang akan dibeli. Kalau racun dalam makanan tersebut kuat, maka akan sangat berbahaya sekali lho untuk tubuh. Bisa juga kan menyebabkan kematian? Untuk itu hati-hati ya ketika mengkonsumsi suatu makanan :) semoga bermanfaat ^^

Diambil dari rubrik Konsultasi Kesehatan Majalah Assunnah dengan tambahan dari papapz.com

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Comments
  1. asmie

    klo disini papz, diberi minum degan iji / kelapa ijo muda :D

    • papapz

      iya bisa mba temen saya juga pernah kaya gitu trus dikasi klapa ijo :)

  2. duniaely

    sering jg ya Kang keracunannya bareng bareng rame rame gitu kl pas ada hajatan trs ada yg salah sama makanannya, atau di kantin, kebayang gimana paniknya ya

    • papapz

      iya pasti bikin panik.. tapi kalau gitu gejala keracunan makanan akan kuat karena yang kena banyak hehe

  3. Muslimedica

    barokallaahu fyk

    • papapz

      wa fik barokallah..

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *