6

Penyebab Anak Menjadi Manja

penyebab anak menjadi manjaAnak pada dasarnya tidak serta merta menjadi manja dengan sendirinya. Karena ada banyak sebab yang bisa menjadikan anak menjadi manja sehingga keinginannya harus selalu dipenuhi. Terkadang hal itu tidak muncul dari dalam diri anak itu sendiri, namun bisa jadi dari orang tuanya, keluarga secara keseluruhan dan lingkungan yang kurang positif. Di postingan sebelumnya kita sudah mengetahui bagaimana efek negatif bila anak terlalu dimanja. Sungguh repot bukan, jika anak sudah beranjak besar tapi sikap dan perilakunya seperti bayi yang harus selalu diladeni dan dilayani. Hmm.. jadi apa saja sih penyebabnya anak bisa bersikap manja seperti itu?

Di bawah ini beberapa hal yang menyebabkan anak bisa menjadi manja, diantaranya adalah:

1. Pola Asuh yang keliru
Walau bagaimanapun orang tua memiliki andil dalam membentuk karakter sang anak. Jangan salahkan anak bila ia menjadi manja, sedangkan kita sendiri memberikan pola asuh yang memang bisa menjadikan dia menjadi manja. Semisal selalu menuruti segala keinginan sang anak walaupun sebenarnya belum tentu hal tersebut baik untuk anaknya. Cermati pola asuh anda kepada anak, jangan terlalu memanjakan jika memang dirasa tidak diperlukan. Walaupun memang ada saatnya anak dimanjakan, namun lihat momennya jangan di setiap segi ia dimanjakan dengan berbagai fasilitas dan keinginan yang harus dipenuhi. Jangan ragu untuk katakan “Tidak” jika memang diperlukan.

2. Ingin Diperhatikan dan diakui
Terkadang ada saat dimana anak mencari perhatian dan pengakuan sehingga jalan yang ia tempuh adalah bagaimana caranya supaya kita sebagai orang tua bisa menuruti semua keinginannya. Ia akan manja dan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar orang tuanya bisa perhatian dan lebih sayang padanya. Hati-hati dengan sikap anak yang seperti ini, bisa-bisa anak akan menjadikan manja sebagai senjata untuk menarik perhatian kita. Namun tentunya kita juga jangan sampai melalaikan kewajiban orang tua untuk memenuhi kebutuhan dan memperhatikannya.

3. Kurangnya pendekatan emosional anak dengan orang tuanya
Biasanya anak dari orang tua yang keduanya bekerja atau memiliki masalah tertentu akan memiliki jarak hubungan yang sedikit agak jauh. Hal ini bisa menimbulkan anak manja. Untuk itu cobalah untuk mendekati anak dengan pendekatan yang halus. Bicaralah dari hati ke hati sehingga anak pun akan merasa dekat dan nyaman.

Demikianlah beberapa penyebab anak menjadi manja, sebenarnya masih banyak yang lainnya tapi beberapa alasan di atas bisa mewakili dari penyebab anak menjadi manja. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Disarikan dari Majalah Sakinan Vol. 11 No. 6 dengan tambahan dari papapz.com

papapz

Kang Ian a.k.a Papap. Sudah lama jadi blogger, ingin jadi parenting blogger tapi selalu sok sibuk. Ujung-ujungnya malah curhat di blog :P

6 Comments

  1. pendekatan emosional.. point ini cukup mengena karena terkadang jika orang tua nya sedang dalam keadaan tidak baik dan menyebakan banyak emosi, maka anakpun akan merasakannya, jadi ikut-ikutan bersikap buruk, misalnya membentak atau berteriak.

    #nyambung gak ya? :D#

    • iya bener asmie.. sikap ortu ngaruh sama anaknya jadi harus hati-hati loh jaga sikapnya kalau di depan anak 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *