Pentingnya Pendidikan Yang Baik Bagi Anak

pentingnya pendidikan anakAnak memang anugerah Allah yang sungguh tidak terkira nilainya. Untuk itu, penting bagi para orang tua untuk selalu memperhatikan perkembangan setiap anaknya. Walau kini anak saya masih kecil (usianya baru 1 tahun 2 bulan :)), tapi saya sudah memiliki planning ke depan tentang bagaimana caranya mendidik anak dan membesarkannya. Insya Allah di postingan-postingan saya berikutnya, saya akan menuliskan permasalahan ini berdasarkan pengalaman dan riset saya hehe.

Pentingnya Pendidikan Anak

Mendidik, dalam hal ini bukan hanya memikirkan pendidikan formal si anak. Tentu saja pendidikan disini adalah dalam arti luas. Yaitu mengajari anak dalam konteks supaya anak menjadi tahu atau paham tentang sesuatu.

Semenjak kecil, anak harus dibiasakan untuk belajar. Walau dalam hal ini, biasanya sesuatu itu akan bisa karena seiring berjalannya waktu. Tapi, alangkah baiknya kita selalu mendampinginya dalam segala hal. Dan terus berusaha mengajarkan kepada anak kebaikan dan hal-hal yang baik. Banyak anak yang merasa tidak menjadi anak-anak, ketika dia dididik dengan cara orang dewasa. Jadi, pahamilah perasaan anak dan hargailah setiap apa yang dia utarakan. Dimulai dari pendapatnya, sampai ke bentuk-bentuk penolakan ketika kita memintanya sesuatu.

Alangkah baiknya juga ketika anak akan mulai masuk masa sekolah, anak dibimbing dan diarahkan sesuai bakatnya. Kemampuan setiap anak memang berbeda-beda, dan daya tangkap dalam proses pembelajaran pun selalu tidak sama antara satu anak dan anak lainnya. Ada yang mudah dan cepat menangkap suatu pelajaran, dan ada juga yang sedikit lambat. Mungkin kita hanya butuh kesabaran yang sedikit ekstra saja daripada kesal terhadap anak yang agak malas untuk belajar.

Saya yakin, apabila kita bisa mendidik anak dengan benar dan tanpa tekanan, anak akan merasa enjoy dalam mengembangkan dirinya. Sebenarnya tidak ada yang salah dalam cita-cita seorang anak, jadi tetap posisikan diri anda sebagai pemberi support dan motivasi yang akan selalu mendukung anak anda di dalam setiap kegiatannya. Selama itu masih berada dalam konteks yang baik dan tidak membahayakan anak anda, kenapa tidak kita mendukungnya? Kita harus terus mendukung anak kita agar ia bisa menjadi yang terbaik dan dia pun akan puas dan bahagia karena kita sebagai orang tuanya, senantiasa mendampingi mereka dalam menjalankan setiap cita-cita yang diinginkannya.

Nah terus berikan contoh dan pendidikan yang baik kepada anak, karena mereka adalah modal awal kita dalam mempersiapkan generasi masa depan yang cerdas, kuat dan tentunya bermanfaat tidak hanya untuk dirinya sendiri tapi juga untuk keluarga, orang-orang di sekitarnya, negara bahkan bisa saja anak kita akan menjadi seorang penemu besar yang akan membuat dunia berdecak kagum kepadanya. Semua orang tua bisa koq 🙂

Salam Ayah dari papapz

2 Replies to “Pentingnya Pendidikan Yang Baik Bagi Anak”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *