Cara Penanganan Pilek Menahun

pilek menahunDengan kondisi cuaca yang ekstrim sekarang ini khususnya di musim penghujan, kondisi tubuh kita terkadang sering lemah dan gampang sekali terkena sakit. Salah satu penyakit langganan ketika cuaca seperti ini adalah pilek. Biasanya, sakit pilek tidak akan berlangsung lama. Paling lama rata-rata 1 minggu habis itu biasanya akan sembuh sendiri atau dengan bantuan obat / herbal dan istirahat yang cukup. Nah, tapi bagaimana halnya jika ada yang mengalami pilek yang berlangsung cukup lama bahkan bisa tahunan? Yuk kita tanya pada Dokter :)

Sebelumnya perlu diketahui bahwa pilek merupakan suatu gejala penyakit. Dari satu kata “pilek”, dibenak para dokter akan muncul berbagai pertanyaan. Pilek berhubungan dengan hidung, yang menuntun pada medis untuk berpikir bahwa gejala ini berhubungan dengan struktur hidung dan sekitarnya (misalnya sinus paranalis). Adapun penyebabnya bermacam-macam, bisa karena infeksi, trauma, kelainan anatomi dan alergi.

Pada penentuan diagnosa, sebenarnya harus dilakukan anamnesa terlebih dulu (wawancara dengan penderita) secara detail. Tentunya akan dapat ditanyakan gejala penyertanya, misalnya: apakah disertai ingus, apakah ingus encer atau kental, bagaimana warna ingus: putih, kekuningan atau kuning kehijauan, berbau atau tidak. Adakah sakit kepala, sisi mana yang sering sakit. Adakah gangguan pada telinga. Selama sakit disertai panas atau tidak.

Jika dikeluhkan juga bersin-bersin. Dari hal ini perlu diketahui juga bersin muncul pada saat apa? Apakah pagi hari atau saat bersih-bersih rumah? Setiap bersin muncul pada saat apa? Apakah pagi hari atau saat bersih-bersih rumah? Setiap bersin berlangsung berapa kali, berapa lama? Pada saat bersin berlangsung apakah disertai hidung gatal, mata gatal atau mata berair?

Dari anamnesa ini akan dikonfirmasikan dengan hasil pemeriksaan fisik, bahkan bila perlu dilakukan dengan pemeriksaan penunjang, diantaranya adalah test alergi, foto rontgen, dan CT-scan.

Nah apabila ingin lebih jelas disarankan untuk periksa langsung ke dokter THT terdekat. Karena dengan keluhan yang sudah cukup lama, mungkin perlu pemeriksaan penunjang untuk lebih menegakkan diagnosa sehingga terapi yang diberikan lebih tepat.

Demikian cara penanganan pilek menahun. Semoga bermanfaat.
Sumber dari Konsultasi Kesehatan Majalah Nikah.

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Comments
  1. George

    Pls visit my web http://www.limera1n.com and also blackra1n.com or tubestack.com

  2. Papap

    Yang bener lu…. Salam 5 jari… Beeeerrraaxxxx

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *