Tips Supaya Bisa Bangun Malam

Setelah menikah dan mempunyai anak, banyak sekali kesibukan yang saya jalankan. Bekerja masih menjadi urutan pertama, walau seringnya pekerjaan rumah tangga masih menjadi prioritas saya terutama dalam mengurus si kecil dan membantu istri beres-beres rumah 😀

Dan waktu terkadang terasa cepat berlalu.. sobat semua sering ngerasain gak sih ketika kita nyeletuk sama temen atao sama pasangan kita seperti “Eh mam, hari ini sudah hari jum’at ya (misalkan).. perasaan baru kemarin jum’at ” Hehe. Ini saking waktu terasa sangat cepatnya, apalagi kita sering ngelakuin rutinitas yang itu-itu aja.. pagi-pagi bangun, beres-beres, ngajak anak main, berangkat kerja, sore pulang, beres-beres lagi, ngajak istri jalan-jalan, malam-malam, nyantai bareng keluarga terus tidur. Waduh.. mau sampai kapan ya ngelakuin kegiatan yang terus berulang-ulang? 😀


Nah untuk menambah durasi kehidupan, saya mencoba (mulai sekarang-sekarang sih :P) agar saya bisa bangun lebih awal. Kalau sudah cape banget biasanya lambat-lambatnya saya bangun pas adzan shubuh tapi kalau lagi fit saya bisa bangun di jam 01.30 atau minimalnya pukul 03.30. Mungkin bagi sebagian orang yang sudah terbiasa bangun malam hal ini gak susah ya.. tapi bagi yang jarang bangun malam uuhh.. susahnya minta ampun kecuali yang maniak bola, acara jam berapapun diusahakan buat bangun wkwkw.

Oke, beberapa tips supaya bisa bangun malam diantaranya adalah:

1. Niat
Dimana-mana niat memegang peranan penting. Masang niat yang mantap bukan hanya pas mau ibadah, tapi juga kegiatan-kegiatan yang manfaat lainnya. Supaya Anda bisa bangun malam, pasang niat Anda sebelum Anda memejamkan mata. Misal katakan dalam hati.. ” Ya Allah, saya niat mau bangun malam mau sholat tahajud, terus ngeblog biar bisa dapat dollar” Nah.. itu niat yang baik dan oke juga hehe.

2. Tidur lebih awal
Sebenarnya saya agak susah jika harus tidur lebih awal. Pengennya sih begadang terus. Tapi istri suka marah-marah dan saya rasa begadang malah bikin susah bangun malam karena tidur lebih larut membuat tubuh kita lemes dan mata pasti ngantuknya minta ampun. Nah, mending kalau mau ngerjain sesuatu. Misalnya mau ngeblog biar bisa dapat dollar, maka lebih baik kita tidur lebih awal dan insya Allah jam 2 atau 3 pagi kita bisa bangun dan ngeblog deh, sebelumnya sholat tahajud dulu ye hehe. Kalau saya ngikutin jam tidurnya Arfa aja, dia biasanya tidur jam 9 malam setelah lampu kamar dimatiin biasanya dia akan cepet tidur, nah saya biasanya ikutan tidur di sampingnya jadi saya gak begadang dan jam 2 pagian saya bisa bangun buat sholat dan ngeblog 😀

3. Jangan kebanyakan makan sebelum tidur
Tahu sendiri lah banyak makan menjelang tidur gak bagus loh buat kesehatan. Dan biasanya dengan kondisi perut kenyang, kita pun akan males deh buat bangun.

4. Kurangi aktivitas di siang hari
Banyak beraktivitas di siang hari menjadikan tubuh kita lelah. Dan sudah pasti jika kondisi tubuh kecapean, biasanya saya juga males banget buat bangun lebih awal. Paling mentok kalau udah denger adzan shubuh baru deh dipaksain bangun buat ke masjid.

5. Tidak berhubungan dengan pasangan menjelang tidur
Huehehe.. ini sih khusus buat yang sudah nikah. Kalau berhubungan sebelum tidur biasanya males deh nantinya buat bangun, soalnya mandinya itu dingin banget xixi. Nah lebih baik pagi-pagi aja deh kan biar sekalian mandi 😛

Nah demikian saja sedikit tips saya untuk bisa bangun lebih awal. Banyak loh kegiatan yang bisa kita lakukan kalau kita bangun lebih awal.. lagian kalau kebanyakan tidur juga gak bagus loh buat kesehatan dan bisa ngurangin jatah umur kita.

(alhamdulillah bisa bangun jam 1.30 dan nulis tulisan ini :P)

20 Replies to “Tips Supaya Bisa Bangun Malam”

  1. blog yang kereen…
    pastinya papa dan suami yang keren juga ya ? #cie cie GR ya?#

    Yap, klo tips bangun malamnya asmie ya niat aja yang kuat, trus klo sudah kebangun harus segera sholat tahajud lalu ngerjakan apa yang perlu, tapi tidur lagi he he he

    1. ah gak GR koq biasa aja 😛
      iya gak papa habis tahajud tidur lagi tapi jangan kebablasan sholat subuhnya karena tahajud kan sunnah kalau subuh wajib 😛
      makasih asmie

  2. kalo tidur lebih awal justru malah bablas saya mah. bangun tidur, tidur lagi. haha

    alah jadi kepengen nikah. postingannya kayak yang manas-manasin yang belum nikah. hahaha XD

  3. Utamanya memang niat sih ya. Aku sering nyalain alarm pagi buta buat belajar, bangun sih… Cuma sayang abis itu ngedismiss alarm, abis itu, turu meneh wehehehe…

    1. hayoo… alarmnya jangan satu dan taro nya jangan deket kuping kalau kaya gitu saya juga sama kalau udah males ya tinggal dismiss aja terus tidur lagi wkwwk

  4. wah, kebetulan saya bermasalah dengan “gak bisa bangun pagi”. abisnya begadang mulu nih… biasa lah, mahasiswa, dihantui tugas kang 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *