Hal-hal Penting Yang Harus Disiapkan Sebelum Menikah

hal penting yang harus disiapkan sebelum menikahMenikah bagi sebagian pria dan wanita yang masih melajang memang menjadi sebuah mimpi indah yang sangat didamba-dambakan kehadirannya. Dengan menikah, cinta pun akan menjadi tumbuh dan mekar dalam fitrahnya. Tidak ada lagi pacaran yang bikin dosa dan diharamkan, semuanya akan halal dan tidak akan ada lagi yang bisa melarang kita untuk mengungkapkan rasa cinta dan sayang kepada pasangan kita.

Sedikit cerita tentang pernikahan saya 2 tahun lebih yang lalu, saya mengenal istri sebenarnya sudah lama. sekitar 3 tahun sebelum kita menikah waktu itu istri masih kuliah di Bandung dan saya kerja di Jakarta. Istri adalah temen SMP nya sepupu saya.

Perkenalan saya unik, ketertarikan itu hadir karena kita sering berinteraksi via email dimana dia sering ngajak saya diskusi tentang mata kuliah di jurusannya. Saya yang waktu itu galau, dan tidak pernah mengenal wanita secara dekat akhirnya memberi celah bagi kehadirannya di hatiku (seet…sok romantis ah :P) Lalu akhirnya saya dan sepupu main ke rumahnya dan perkenalan itu berjalan saja dengan komunikasi via internet dan HP. Kita jarang bertemu karena masing-masing dari kita masih memiliki kepentingan masing-masing.

Sebenarnya pada saat yang bersamaan saya juga mengenal seorang wanita yang tidak usah saya kenang lagi huehehe (masa lalu bro..) dia teman satu daerah dan sepertinya saya telah salah mengenalnya sehingga masa-masa sebelum menikah itu adalah masa-masa yang sulit karena telah hadir dua wanita yang mengisi relung hatiku wkwkw. Namun akhirnya saya memantapkan diri dengan istri saya kini dan mencoba mengubur kenangan bersama wanita itu yang kini juga sudah menikah dengan teman yang saya kenal di Facebook :D.

Jadi nyesel deh kalau inget masa-masa itu.. Tapi life must go on. Walau dulu saya menikah kurang persiapan tapi hidup harus terus berjalan. Untuk itu saya akan sharing kepada Anda yang belum menikah untuk memperhatikan hal-hal penting apa saja yang harus disiapkan sebelum Anda melangkah ke jenjang pernikahan:

1. Niat
Anda harus memantapkan niat terlebih dulu, karena nikah bukan sesuatu yang sifatnya main-main. Jika anda mantap maka anda harus segera melaksanakannya, jika masih ragu mending dipending dulu sebelum semuanya terjadi dan malah akan membuat malu semuanya. Gak lucu kan kalau tiba-tiba hari H tinggal besok saja dilakukan, tapi tiba-tiba muncul keraguan akan pasangan dan Anda ingin membatalkan rencana pernikahan Anda. Wah mending Anda pastikan dulu deh siapa orang yang akan Anda jadikan pasangan hidup Anda tersebut.

2. Ilmu
Ilmu menikah sangat penting. Lebih baik sebelum hari H itu datang, jauh-jauh hari baik Anda calon suami atau calon istri untuk sering-sering membaca buku tentang pernikahan, atau mendengarkan kajian-kajian yang materinya mengenai pernikahan dan nasihat-nasihat baik sebelum menikah atau ketika sudah menikah. Sebenarnya dengan praktik Anda akan merasakan sendiri, tapi setidaknya dengan mengetahui terlebih dulu teorinya Anda akan merasa tenang dan mantap dalam melangkah.

3. Materi
Materi disini bukan hanya soal mas kawin atau dana untuk mengadakan pesta walimah nikah. Kalau itu sih sifatnya insidental dan bukan suatu keharusan kita mengadakan pesta yang wah dan meriah. Tapi materi disini justru adalah kesiapan finansial kita dalam menjalani kehidupan setelah kita menikah. Khususnya hal ini bagi para pria yah, karena nanti seorang suami harus nafkahin anak istrinya dan mencukupi semua kebutuhan rumah tangganya. Hal ini akan berat jika masing-masing pasangan masih berada dalam kondisi yang belum siap. Sebenarnya tidak harus menunggu sampai punya rumah sendiri atau punya mobil dulu. Yang penting kehidupan rumah tangga itu akan berjalan dengan normal dengan terpenuhinya segala kebutuhan rumah tangga, terutama kebutuhan sandang, pangan dan papan terlebih dulu. Realita membuktikan bahwa dengan tidak terpenuhinya kebutuhan ini akan menyebabkan pertengkaran diantara suami dan istri. Jadi hal ini.. sangat-sangat ditekankan sekali.

Nah, kalau menurut saya 3 hal ini yang paling penting yang harus disiapkan sebelum menikah. Ingat.. menikah adalah gerbang menuju kita kepada kehidupan yang sebenarnya. sumpah deh..saya merasakan keunikan dalam hidup ketika saya sudah menikah. Makanya daripada nyesel.. mending disiapin dulu aja deh semuanya yah 🙂

4 Replies to “Hal-hal Penting Yang Harus Disiapkan Sebelum Menikah”

  1. isi artikel yg menarik dan penjelasan yg detail dan singkat
    maaf sekalian ngasih info nih, kalo ada yang mw pesen paket pernikahan murah disini aja, ada berbagai macam paket pernikahan, dan suasana tradisi jawa sampai modern, kami jg menerima catering dari nasi box sampai prasmanan, cek link yaa 🙂
    Terimakasih..

    http://www.bumentik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *