Cara Install dan Registrasi Zahir Accounting di Windows 8

install zahir accounting di windows 8Sedikit Intro - Sebenarnya dari dulu saya paling gak suka materi Akuntansi dan semenjak sekolah pun saya tak belajar lah yang namanya Akuntansi. Saya sekolahnya kan di es-te-em yang belajar mesin mobil, gak dikasih itu pelajaran ngitung duit apalagi ngitungin duit orang, duit sendiri aja gak punya wkwk curhat.

Dan takdir pun berkata lain.. setelah 4 tahun kerja serabutan akhirnya saya nyasar di BSI Bogor (itu loh yang iklannya sama barrack obama :D) dan saya pun ngambil jurusan Komputerisasi Akuntansi yang tak lain pilihan itu bukan keinginan saya sendiri. Padahal Saya kan pengennya sih ngambil jurusin modelling (gak salah lagi? hehe)

Setelah 3 tahun, ya mbok gak kerasa gituh kuliah 3 tahun ngapain aja yah. Ilmu akuntansinya gak dapet, tapi kalau nilai-nilainya sih Alhamdulillah bagus-bagus, walaupun terkadang suka mbolos dan kalau ada quis akuntasi saya suka deketin temen-temen cewek saya yang cantik-cantik dan saya minta ikutan nyontek punya mereka :D

kelas akuntansi BSI 08 KA

Kini, setelah saya lulus diploma saya pun harus mencari nafkah walau hinggi kini masih pontang-panting nyari bisnis sampingan buat nambahin beli susu dan popok anak. Eh ada yang kelewat, saya nikah di semester akhir dan walhasil saya udah gak fokus kuliah pengennya pulang ke cirebon terus makluum penganten baru gitu loh. :P -selesai intro-

Dan kini di tempat kerjaan saya, saya menjabat jadi Kepala Divisi Keuangan dan Administrasi, sebenarnya jangan terkecoh dengan nama jabatannya itu. Sumpah itu cuma sekedar menunjukkan bahwa saya memiliki jabatan yang keren di pekerjaan saya wkwkw. Dan selama ini, saya masih menginduk ke Keuangan Yayasan dimana Radio tempat saya bekerja adalah bagian sub unit dari Yayasan.

Nah, rencananya kalau Radio sudah on air lagi (sekarang lagi off dulu karena lagi persiapan teknis) itu keuangan kita mau urus sendiri. Dan selama ini saya hanya memakai aplikasi keuangan yang sangat sederhana berbasis Ms. excell yang dimodifikasi. Sebenarnya Radio sudah punya software Zahir Accounting yang diberikan secara gratis oleh Donatur dari pertengahan tahun 2011. Dan kini baru saya install di bulan Maret 2013 hehe untung belum basi kaya nasi kemaren.

Zahir Accounting adalah salah satu software akuntansi yang berlisensi dan apabila ingin menggunakan secara penuh maka kita harus register terlebih dulu setelah melakukan pembayaran. Kita pake Zahir Paket Personal yang dikasih harga 4 jutaan, berhubung itu hadiah maka so pasti gratis tis tis.

zahir accounting

Akhirnya rabu siang, saya coba buat install Zahir di komputer. Kayanya seru deh dan gak bakalan diremehin lagi soal laporan keuangan karena kita pake software keuangan yang serius dan gak asal-asalan. Saya pun membuka kotak paketnya yang terdiri dari buku panduan, cd installer, surat keterangan produk dan dongle. Nah dongle ini bentuknya kaya flashdisk dan digunakan sebagai alat anti bajak. Karena tanpa dongle kita gak akan bisa registrasi. Dengan dongle, maka akan keluar ID komputer kita yang nantinya ID itu dipake buat register jadi gak bisa dong tuh CD asal install aja kalau tanpa dongle hehe.

dongle

Dan akhirnya saya pun mencoba Install tuh software dari CD. Semuanya lancar sampai dengan aplikasi Zahir terpasang, namun dongle gak mau ke detect bilangnya error terus. Akhirnya saya googling lah nyari solusi (nanya ke CS nya zahir pada gak dibales.. heran deh :D) dan akhirnya saya nemu solusinya. Caranya adalah sebagai berikut untuk Install Software Zahir Accounting di Windows 8:

  1. Karena kita pake windows 8 maka untuk registrasi silakan Anda download dulu aplikasi registrasinya disini. Setelah itu ekstrak deh isinya dan simpan di folder dimana aplikasi Zahir berada, biasanya di C/program files/Zahir versi … ( yang anda pakai ).
  2. Setelah itu download juga aplikasi untuk ngedetek dongle. Namun sebelumnya anda cek dulu   sitem komputer Anda memakai sistem 32bit atau 64bit. Untuk sistem 32bit anda download aplikasinya disini. Dan untuk sistem 64bit Anda download aplikasinya disini.  
  3. Dan sebelum aplikasi ini dijalankan Anda cabut dulu donglenya dari USB port, selanjutnya dari aplikasi yang udah didownlod tadi coba dijalankan dengan cara klik dua kali lalu diklik untuk meng-uninstal driver dongle yang sudah terpasang terlebih dulu, habis itu install lagi deh dan baru dongle dipasang di lubang USB port. Dan Tadddaaa… Alhamdulillah dongle pun menyala dan berwarna merah, yang artinya dongle sudah ke-detect dan akhirnya ID computer keluar untuk selanjutnya saya SMS konfirmasi registrasi. Gak nyampe 5 menit SMS balesan datang dan memberitahukan no seri dan nomer aktivasi. Alhamdulillah setelah form registrasi diisi dan dikirim, Zahir pun langsung aktif secara penuh dan siap pakai.

Nah inilah cerita saya install zahir accounting di windows 8. Sebenarnya asik kalau ngulik sendiri, tadinya sudah putus asa karena gak bisa registrasi hehe. Saya pun siap bekerja dengan aplikasi ini. Semoga bagus lah dan bisa memenuhi keinginan saya:D

Bagi Anda yang punya masalah dalam hal install Zahir bisa share disini!

Bookmark this on Delicious
Bookmark this on Yahoo Bookmark

Comments
  1. danang

    sudah download deteck dongle.. tapi tetep tdak bisa aja dongle nya/… knp bos

  2. Rawins

    wah kalo aku kayaknya ga bakalan make
    paling anti sama kerjaan yang berhubungan dengan keuangan soalnya
    tapi kalo duitnya sih mauuuu….

    • papapz

      huehehe sesuai spesialis jobnya aja mas :D

  3. anazkia

    owh, dulu kuliah di BSI Bogor?Laumni tahun berapa?

    Aku pake windows 8 aja masih gelagapan :) jadi ini gak begitu donk :D

    • anazkia

      haiyah, maksudnya alumniiiii
      Hiks, typo

      • papapz

        saya masuk taun 2008 lulus 2011 :D
        makanya dicoba..

    • anotherorion

      idem mbak aku juga lum kepengen make

      • papapz

        yang make pasti sesuai kebutuhan :D

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *