Selamat Tinggal Masa Lalu

masa laluSetiap manusia pasti tidak akan terlepas dari masa lalu. Kecuali bagi Anda yang tidak pernah merasakan hari ini dan esok hari :). Masa lalu seseorang kadang tidak selamanya baik, namun sering kita dapatkan seseorang kini menjadi lebih baik setelah di masa lalunya dia berkecimpung dalam dunia yang kotor dan gelap. Jalan hidup seseorang kan siapa yang tahu?

Memang bagi sebagian orang, akan sulit untuk melupakan masa lalu. Apalagi jika masa lalu tersebut dirasa sangat menyakitkan bagi dirinya. Bagi seseorang yang sudah menikah dan berumah tangga, masa lalu terkadang sering menjadi sebuah senjata bagi seorang suami atau istri untuk menyalahkan pasangannya dalam sebuah perselisihan.

Menyalahkan masa lalu memang paling mudah. Apalagi jika seorang suami atau istri pernah melakukan kesalahan di masa lalunya. Misalkan ketika sebelum menikah, suami pernah menjadi seorang playboy yang sering gonta-ganti kekasih. Hal ini memang menjadi kenyataan yang pahit bagi seorang istri. Namun jika hal ini dipikir secara logis dan realistis, maka seorang pasangan yang baik tidak akan selalu melihat ke belakang dan dia akan mencoba menerima kenyataan masa lalu suaminya tersebut.

Apalagi jika suami sudah berubah menjadi lebih baik. Suami yang setia dan loyal sekali dengan keluarganya. Dia bekerja dengan baik, selalu pulang ke rumah tepat waktu, dan memberikan kasih sayang penuh untuk anak dan istrinya. Apakah jika satu saat suami pulang telat dan lupa memberi tahu, sang istri akan langsung menuduh suami selingkuh dan main bersama wanita lain di luaran sana? Hal ini sungguh picik jika seorang istri hanya bermodalkan masa lalu suami yang kurang baik. Karena pikiran seperti itu hanyalah sebuah bentuk tuduhan dan rasa curiga yang berlebihan. Dan dia sudah membuang rasa percaya terhadap suaminya tersebut.

Masa lalu memang bisa saja jadi salah satu nilai merah bagi seseorang. Namun sekali lagi jangan pernah mengungkit masa lallu jika dia sudah berubah atau sedang berusaha merubahnya. Berikan terus support dan ucapkan terima kasih karena pasangan sudah mencoba untuk lebih baik lagi.

Saya ingatkan untuk para istri, Anda tidak akan pernah puas jika hanya mengungkit masa lalu suami. Ketika Anda sakit mengingat hal itu, maka ingatlah bahwa Anda sudah berusaha menjauhkan diri dengan suami Anda. Anda hidup di masa sekarang, dan tetap lihatlah suami Anda di masa kini. Dia sudah lebih baik kan? Mempunyai salah bagi setiap manusia adalah wajar, toh Anda pun bukan bidadari dari langit. Jadi pantas saja Anda kini bukan bersuamikan malaikat.

Ucapkan selamat tinggal masa lalu.. Dan melangkahlah pasti saat ini.. raih tangannya dan yakinkan hatinya bahwa kita pasti bisa untuk bersama-sama melewati semua ini..

menjelang shubuh, saat kupandangi dua permataku yang masih tertidur lelap. I love you all..

12 Replies to “Selamat Tinggal Masa Lalu”

  1. yang sudah lalu biarlah berlalu yah kang…
    kalo basa sunda nya mah..let by gone be by gone gitu lhoooo…

    Kalo terus terusan berpegangan pada masa lalu niscaya kita gak bakalan bisa melangkah majuuu…
    *sok kereb banget komen ku ituh*

  2. Ada teman yang kepo banget, pengen tahu tentang mantan2ku
    Hadeeh, suamiku aja gak pernah nanya
    Krn komitmen kita memang gak perlu cerita2 tentang mantan
    Gak ada guna juga

    Sudah seneng punya suami, kenapa musti cerita mantan 🙂

    1. hehe biasalah iseng.. gak usah diladenin mbak 😀 life must go on.. semakin lama usia pernikahan semakin banyak ujian dan godaan hehe

  3. Betul Mas, Menyalahkan masa lalu memang paling mudah. Seperti halnya teman saya yang sekarang sedang bimbang akan pernikahannya yg beda agama. Dia curhat kepada saya dan saya bingung harus bilang apa karena saya tau dulu dia pacaran 9 tahun lamanya, dan tanpa saya sadari saya mengatakan seolah menyalahkan dia, kalau sudah tau berbeda kenapa mau menikah. Tapi si teman ngeyel bahwa tak ada yang salah dengan masa lalunya..
    Dan betul juga bahwa Masa lalu adalah guru yang sangat berharga dan tak bisa dibayar dengan materi berapapun!

    1. hehe pernikahan memang bukanlah hal yang main-main jadi tetapkanlah terlebih dulu siapa yang akan jadi pasangan Anda.. jangan sampai menyesal kemudian deh 🙂 makasih atas kunjungannya ya ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *