Jangan Panik Ketika Anak Sakit

anak sakitJangan Panik Ketika Anak Sakit – Salah satu ujian bagi orang tua yang cukup membuat kondisi panik adalah ketika satu saat anak sakit. Apalagi untuk usia anak di antara 0-12 bulan dimana kondisi anak pada masa itu sangat rentan sekali dengan penyakit.

Alhamdulillah Arfa di usianya yang kini sudah 1 tahun lebih beberapa hari, anak saya sampai saat ini hanya beberapa kali mengalami sakit. Itupun hanya sakit ringan seperti batuk pilek, panas dan sempat di usia 7 bulan dia terkena alergi di tangannya dan juga sempat mencret/diare yang juga sempat bikin saya dan istri khawatir.

Kalau Arfa lagi sakit seperti saat sekarang ini, bawaannya suka rewel terus. Pengennya sama mamamnya terus. Makannya agak susah apalagi kalau sudah mau minum obat. Duh, sampe meronta-ronta (kaya saya waktu kecil hehe).

Kondisi seperti ini terkadang membuat orangtua stress dan bingung. Apalagi saya dan istri setelah menikah langsung mandiri dan pisah dari orangtua/mertua. Jadi semuanya kalau ada apa-apa dijalani saja berdua. Anak sakit, terkadang saya atau istri yang sakit kita gak pernah minta pertolongan sama yang lain. Semuanya dijalani berdua saja. Memang kita jadinya gak pernah tergantung sama pertolongan orang dan berusaha untuk tidak manja. Dan ternyata semuanya itu memang ada hikmahnya juga.

Dalam kondisi seperti ini ada beberapa tips dari saya yang bisa Anda jalankan ketika satu saat anak kita sakit.

Pertama jangan pernah untuk panik yang berlebihan, tetap tenang dan jernihkan pikiran, jangan sampai orangtua pun jadi ikut sakit nanti malah repot dong.

Kedua selalu cek suhu tubuh anak, biasanya kalau anak masih kecil dia suka cepet panas suhunya kalau lagi sakit.

Ketiga tetap berikan ASI (jika masih menyusui), minum air putih yang banyak dan tetap berikan asupan makanan yang bergizi, memang terkadang anak suka rewel dan malas makan, tapi jangan menyerah untuk tetap menyuapinya, biar sedikit tapi tetap ada asupan makanan yang masuk.

Keempat segera periksakan ke dokter jika anak sakit lebih dari 1-2 hari supaya dokter bisa menganalisa penyakit anak dan memberikan resep obat yang cocok, memang terkadang agak berat dari sisi keuangan tapi demi kesehatan anak jangan pernah ragu untuk pergi berobat, insya Allah rezeki pasti akan ada

dan terakhir jangan pernah lupa untuk berdo’a semoga Allah menyembuhkan penyakit anak kita. Dan tetap sabar yah.. walau bagaimanapun semua itu adalah takdir Allah dan sekaligus ujian bagi kita.

Semoga bermanfaat ^^

One Reply to “Jangan Panik Ketika Anak Sakit”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *